Menghasilkan calon guru profesional dan berjatidiri

berita

IKIP PGRI SEMARANG DIRIKAN LABSCHOOL PAUD PENA PRIMA

posted 02-06-12 10:52:22 | by admin | dibaca 3425 kali


Semarang, ikippgrismg.ac.id.

Anak-anak merupakan individu yang kreatif, cerdas, menyenangkan, polos, jujur, dan dapat meleburkan hal yang tegang menjadi sedikit lunak. Melalui anak-anak kita dapat belajar arti sebuah tanggungjawab, kepercayaan, kejujuran, sportivitas, kegembiraan yang seutuhnya, dan masih banyak hal lain. Oleh karena itu, kita sebagai orang dewasa harus memberikan contoh dan pembelajaran yang baik, bermanfaat, bermakna, dan memberikan nilai moral. Menurut Agung Prasetyo, S.Psi., M.Pd., P.Si., Kaprogdi PG PAUD IKIP PGRI Semarang hal hal inilah yang mendasari program Studi Pendidikan Anak Usia Dini IKIP PGRI Semarang mendirikan sekolah laboratorium.
Sabtu (2/7), Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini IKIP PGRI Semarang meresmikan Sekolah Laboratorium Pendidikan Anak Pribadi Mulia (Pena Prima) IKIP PGRI Semarang. Sekolah Laboratorium yang berada di lokasi Gedung Utama sengaja didirikan sebagai bentuk kepedulian IKIP PGRI Semarang untuk memberikan fasilitas pendidikan yang memadai sesuai dengan kebutuhan anak. Selain itu juga dapat memberikan pendidikan yang tepat sesuai dengan tumbuh kembang anak sehingga menjadi pribadi mulia di masa mendatang.
Muhdi SH, M.Hum, rektor IKIP PGRI Semarang dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa tujuan didirikan PAUD Pena Prima IKIP PGRI Semarang ini ingin mendidik anak-anak pada usia emasnya. “ Indonesia diusianya yang keseratus tahun nanti akan masuk dalam daftar lima besar negara maju di dunia. Dan anak-anak ini adalah yang akan menjadi pemimpinnya nanti.” tutur Muhdi.
Muhdi menambahkan bahwa kedepan IKIP PGRI Semarang juga akan mendirikan sekolah lab di tingkat yang lebih tinggi seperti SD, SMP, dan SMA. Sekolah lab ini selain memberi manfaat kepada masyarakat juga bermanfaat bagi mahasiswa IKIP PGRI Semarang. Para guru di lab PAUD ini para gurunya diantaranya adalah mahasiswa PAUD IKIP PGRI Semarang. Para mahasiswa dapat setiap saat memperhatikan anak-anak, bergaul dengan mereka.
Tempat yang disediakan di lab PAUD ini cukup nyaman dan lengkap terdiri dari tempat bermain baik outdoor maupun indoor, juga terdapat tempat istirahat yang representatif untuk anak.
Dr. Sodharto, MA, ketua YPLP PT PGRI Semarang dalam kesempatan tersebut mengingatkan untuk berhati-hati dalam mendidik anak, sesuatu yang kasar yang mungkin tidak disengaja bisa menjadi traumatik terhadap anak. Sudharto menilai Indonesia termasuk telat dalam menggalakkan PAUD. Menurut Sudharto, dinegara maju anak usia dini lebih awal memperoleh prioritas pendidikan berkualitas. Sekitar tujuhpuluh persen pertumbuhan kecerdasan anak dialami pada usia balita. “Didirikannya PAUD ini akan menambah kemanfaatasn lembaga ini bagi masyarakat dan juga menambah sarana peningkatan mutu keprofesinalan bagi pengelolanya.” Ungkap Sudharto.
Pada hari itu juga ditempat yang sama diselenggarakan Gebyar PAUD. Gebyar PAUD diselengarakan bekerjasama dengan HIMPA PAUDI Kecamatan Semarang Timur. Gebyar PAUD ini diselenngarakan secara rutin setiap tahun sekali. Pada tahun ini Gebyar PAUD memperlombakan antara lain lomba baby dancing dan lomba drumband usia PAUD. “Lomba ini adalah panggung sarana untuk tampil mengekspresikan diri bagi anak-anak.” Tutup Muhdi.

Kembali