Berikut Adalah Tiga Metode Yang Digunakan Menyadap Ponsel

by

Menteri BUMN Renee Sumarno dan Direktur PT PLN (Persero) Sufyan Basir tiba-tiba menjadi sinonim dengan dugaan penyadapan telepon genggam mereka.

Pakar elektronik Pratama Persada menjelaskan, setelah ponsel atau smartphone menjadi korban penyadapan, ada beberapa cara untuk melacak lokasi atau konten seperti SMS dan media sosial.

Baca juga:

Inilah 3 cara Hack Smartphone

Langkah pertama dalam melindungi diri Anda dari penyadapan adalah memahami cara melakukan prosedur penyadapan pada ponsel cerdas Anda. Karena ada cara untuk menyadap dari jarak jauh dan beberapa di antaranya sederhana.

Begini cara smartphone bisa dimanfaatkan berdasarkan komentar Pratama Persadha yang dihubungi Tekno Liputan6.com di Jakarta, Minggu (29 April 2018):

Penipuan bukan satu-satunya risiko komunikasi SMS. Bahkan sekarang, SMS dapat digunakan sebagai pencegah penyadapan.

“Pertama, seorang hacker bisa mengirimkan link melalui SMS dengan update aplikasi dengan maksud korban mengkliknya. Jika diklik, link tersebut bisa mengandung malware, ”kata Pratama.

Dalam hal ini, pengguna harus berhati-hati saat menerima SMS dari nomor yang tidak dikenal. Untuk memperbarui aplikasi, buka App Store atau Google, bukan SMS.

Demikian pula, jika Anda menerima SMS yang menyatakan bahwa ponsel cerdas Anda terinfeksi virus, Anda akan diminta untuk mengklik tautan untuk membersihkan virus. Jangan klik link tersebut karena sudah mengandung virus.

Untuk membersihkan virus, cari antivirus berperingkat tinggi di App Store atau gunakan antivirus yang sudah Anda miliki di ponsel cerdas Anda.

Tidak hanya SMS, tetapi juga teknik menguping kedua yang Anda terapkan sendiri. Pratama memperingatkan bahwa dalam waktu singkat, Anda dapat menyuntikkan apa pun yang melakukan penyadapan pada ponsel cerdas Anda.

Baca Juga :   5 Aplikasi Edit Foto Terbaik Agar foto terlihat lebih keren dan Aesthetic

“Misalnya orang yang tidak bertanggung jawab meminjam telepon sebentar, lalu menginstal (mengklik) aplikasi lalu memasangnya kembali,” jelas Pratama.

Smartphone adalah bagian terpenting dari hidup kita, jadi lebih baik tidak meminjamkannya kepada orang asing.

Jangan lupa untuk menggunakan fitur keamanan terbaru yang tersedia di smartphone Anda, seperti fitur sidik jari yang menambah perlindungan dari tangan jahil.

Cara ketiga ini mungkin yang paling mengejutkan. Penyadap memberinya smartphone baru, yang ditemukan telah disuntik dengan malware yang dapat memata-matai pengguna.

Lebih buruk lagi, sangat sulit untuk membedakan perangkat mana yang disadap dan mana yang tidak.

Beberapa aspek yang harus diperhatikan adalah jika perangkat tiba-tiba kepanasan, baterai cepat habis dan sering mati, yang bisa menjadi indikasi bahwa seseorang memata-matai perangkat komunikasi Anda.

Disarankan juga untuk memperhatikan aplikasi di smartphone Anda dan segera menghapus aplikasi mencurigakan yang belum pernah Anda instal.

Jika Anda khawatir ponsel cerdas Anda disalahgunakan, mungkin bukan ide yang buruk untuk mencari aplikasi anti-mata-mata di Play Store jika hal ini terjadi.

No More Posts Available.

No more pages to load.